Latest Updates

JENIS-JENIS KARANGAN BERDASARKAN TUJUAN

Berdasarkan Tujuannya, karangan dibagi menjadi empat jenis, yaitu (1) Narasi, (2) deskripsi, (3) eksposisi, dan (4) argumentasi.
  1. Karangan narasi adalah karangan yang mengisahkan suatu peristiwa yang disusun secara kronologis. Karangan narasi disebut juga karangan kisahan karena isinya menceritakan suatu peristiwa atau kisah seseorag. Cerita atau kisah yang diketengahkan di dalam narasi bisa kisah fiktif atau imajinatif dan dapat pula kisah faktual atau nyata. Karangan narasi bertujuan memperluas pengalaman seseorang, baik memperluas pengalaman lahiriah maupun pengalaman batiniah. Pengalaman lahiriah adalah pegalaman alam nyata, sedangkan pengalaman batiniah adalah pengalaman batin seseorang dalam mengapresiasi unsur-unsur intrinsik suatu kisah atau cerita, menikmati, dan merasakan keindahan-keindahan yang terdapat di dalamnya.
  2. Deskripsi
    Karangan Deskripsi adalah karangan yang melukiskan, menggambarkan, memerikan suatu peristiwa atau obyek hasil pengindraan dengan sehidup-hidupnya dan bila perlu disertakan data-data kuat agar pembaca dapat merasakan seolah-olah terlibat di dalamnya langsung. Data-datanya berupa gambar, peta, angka, grafik, dan sebagainya.
  3. Eksposisi Karangan Eksposisi adalah karangan yang menjelaskan, menerangkan, dan memberitahukan suatu peristiwa atau obyek dengan tujuan agar orang lain mengetahuinya. Dari paparan karangan ini diharapkan orang lain yang tidak mengetahui menjadi tahu dan orang lain yang tak jelas menjadi jelas setelah membaca atau menyimak karangan tersebut. Fakta-fakta dalam karangan ini hanya dipakai sebagai informasi.
  4. Argumentasi
    Karangan Argumentasi / perusasi adalah karangan yang mengutarakan gagasan, pendapat, ide, dengan menyertakan bukti-bukti, alasan-alasan  untuk meyakinkan orag lain terhadap gagasan ide pendapat yang digunakan itu. Karangan argumentasi bertujuan memahamkan terhadap adanya suatu pendapat dan membuat orang lain menerima pendapat, ide, gagasan yang diungkapkan oleh seseorang.
Itulah beberapa jenis-jenis karangan yang perlu anda ketahui, semoga bermanfaat.

0 Response to " JENIS-JENIS KARANGAN BERDASARKAN TUJUAN "

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan baik & Relevan dengan conten Artikel, Dilarang menyisipkan Link Hidup. jika Teks url blog/web atau isi di daftar tamu itu diperbolehkan, Terima kasih.


Obat Sipilis
Obat Raja Singa
Obat Kencing Nanah
Obat Gonore
Obat Herpes
Obat Kutil Kelamin
Obat Jengger Ayam
Obat Kondiloma Akuminata
Obat ketuat kemaluan
Obat panu Kadas kudis
Obat Gatal dan Eksim
Obat Kewanitaan
Obat Keputihan
Obat Perapet Vagina
obat Wasir
obat Ambeien
obat Ambejoss
Obat Kanker Herbal
obat kutil kelamin
Ciri gejala Sipilis
Obat Sipilis